http://i340.photobucket.com/albums/o350/tomrat2212/emon.gif
Whuryou As Niel

Rabu, 30 Oktober 2013

TUGAS BAHASA INDONESIA "Kesatuan Ejaan"

Penulisan kata atau kalimat dalam bentuk benar (sesuai dengan kaidah EYD).


No
Bentuk Salah
Bentuk Benar
1. Tuhan yang maha kuasa dan maha pemurah Tuhan yang Mahakuasa dan Maha Pemurah
2. Berfikirlah jauh kedepan. Berpikirlah jauh ke depan.
3. Rp. 100000,- perbulan Rp100.000,00 per bulan
4. Pebruari s/d Nopember 2005 Februari s.d. November 2005
5. Romeo. Andromeda SH., MM. Romeo Andromeda, S.H., M.M.
6. Mahasiswa itu menulis skripsi yang berjudul “Hubungan antara Kenaikan Harga B.B.M. dan Produksi Pada P.T. Tonikum Jaya”. Mahasiswa itu menulis skripsi yang berjudul “Hubungan antara Kenaikan Harga BBM dan Produksi pada PT Tonikum Jaya.”
7. Artikel yang berjudul Kredit Model Rambut Cepak termuat di surat kabar Kompas hari ini. Artikel yang berjudul “Kredit Model Rambut Cepak” termuat di surat kabar Kompas hari ini.
8. Kwalitas, kondite, resiko, dan obyek Kualitas, konduite, risiko, dan objek
9. Kepada Yth. Ibu Dr. Renata. KPK, MSC Yth. Dr. Renata K. P. K., M.Sc.
10. Siapakah nama anda? Siapakah nama Anda?
11. Tahun 70 an Tahun 70-an
12. Perang dunia ke I Perang dunia I
13. SeIndonesia Se-Indonesia
14. Pada semester ganjil ia akan di angkat menjadi Ketua Jurusan. Pada semester ganjil ia akan diangkat menjadi ketua jurusan.
15. Walaupun ia masih kecil, tetapi ia bercita-cita menjadi Insinyur Pertambangan. Walaupun ia masih kecil, tetapi ia bercita-cita menjadi insinyur pertambangan.
16. Tindaklanjuti dan menindaklanjuti Tindak lanjuti dan menindaklanjuti
17. Pasca reformasi dan Pasca Sarjana Pasca reformasi dan pascasarjana
18. Damono, Sapardi Djoko. 2006. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Dalam Kompas, 6 Nopember 2006. Jakarta Damono, Sapardi Djoko. 2006. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jakarta: Kompas, 6 November 2006.
19. Sejak bekerja di perusahaan milik Inggris, tingkah laku orang itu keInggris-Inggrisan. Sejak bekerja di perusahaan milik Inggris, tingkah laku orang itu keinggris-inggrisan.
20. Perkuliahan Bahasa Indonesia membahas ejaan, diksi, kalimat dan paragraf. Perkuliahan bahasa Indonesia membahas ejaan, diksi, kalimat, dan paragraf.
21. Mulyana. Ilmu Komunikasi. (Bandung, Rosdakarya, 2004), hal 70 Mulyana. Ilmu Komunikasi. (Bandung: Rosdakarya, 2004), hlm. 70.
22. Kata perkata akan terangkai menjadi kalimat Kata per kata akan terangkai menjadi kalimat.
23. Riwayat para Nabi menarik untuk dibaca. Riwayat para nabi menarik untuk dibaca.
24. Buku setebal 1155 halaman itu dibacanya selama liburan. Buku setebal 1.155 halaman itu dibacanya selama liburan.
25. Keterangan tentang penulisan daftar pustaka terdapat pada halaman 1.115. Keterangan tentang penulisan daftar pustaka terdapat pada halaman 1155.
26. Yth. Mahasiswa/iJurusan AkuntansiF.E. Universitas Guna Andromeda Di Tempat Yth.Mahasiswa Jurusan Akuntansi F.E. Universitas Guna Andromeda
di
Tempat
27. 1.1. Latar belakang masalah 1.1 Latar Belakang Masalah
28. Tampaknya, ia sudah sangat prima untuk bertanding. Tetapi ia harus bersabar menunggu lima hari lagi. Tampaknya ia sudah sangat prima untuk bertanding, tetapi ia harus bersabar menunggu lima hari lagi.
29. Tampaknya, ia sudah sangat prima untuk bertanding, menunggu lima hari lagi. Tampaknya ia sudah sangat prima untuk bertanding, walaupun menunggu lima hari lagi.
30. Dosen favorit itu tinggal di jalan bulak serai abdulrahman no. 99 Jakarta Timur. Dosen favorit itu tinggal di Jalan Bulak Serai Abdulrahman No. 99, Jakarta Timur.
31. Ahmad. Irfan. Y. terpilih sebagai karyawan terbaik karena kondite dan karirnya yang mulus. Ahmad Irfan Y. terpilih sebagai karyawan terbaik karena konduite dan karirnya yang mulus.
32. Pada abad ke-XXI ini kita menghadapi arus globalisasi. Pada abad XXI ini kita menghadapi arus globalisasi.
33. Pimpinan PT. Tonikum Jaya akan bertanggung jawab dan menanda tangani surat itu setelah perkaranya ditindak lanjuti. Pimpinan PT Tonikum Jaya akan bertanggung jawab dan menandatangani surat itu setelah perkaranya ditindaklanjuti.
34. Nasution, Op. Cit. hlm. 30. Nasution, Op. Cit., hlm. 30.
35. Dengan biaya terjangkau, mahasiswa dapat menikmati ruang kuliah yang ber AC di kampus itu. Dengan biaya terjangkau, mahasiswa dapat menikmati ruang kuliah yang ber-AC di kampus itu.
36. Menurut Kuntarto, “ekonomi ialah ilmu yang mempelajari cara manusia memenuhi kebutuhan hidupnya. Menurut Kuntarto, “Ekonomi ialah ilmu yang mempelajari cara manusia memenuhi kebutuhan hidupnya.”
37. Kendati nilai rupiah menurun, tetapi minat masyarakat tetap lancar. Kendati nilai rupiah turun, minat masyarakat tetap lancar.
38. Ketika kukirimkan SMS kepadanya bahwa aku mencintainya, ia membalas dito. Ketika kukirimkan SMS kepadanya bahwa aku mencintainya, ia membalas dito.
39. Ketidak tataan dan ketidak disiplinan adalah hal yang harus kita hindari. Ketidaktataan dan ketidakdisiplinan adalah hal yang harus kita hindari.
40. Tabel I: Perbedaan Ragam Bahasa Resmi Dan Tidak Resmi. Tabel I: Perbedaan Ragam Bahasa Resmi dan Tidak Resmi.
41. Dalam waktu singkat, rupiah anjlok sampai Rp. 3.845,- per dollar A.S. Dalam waktu singkat, rupiah anjlok sampai Rp3.845,00 per dollar AS.
42. Berdasarkan uraian di atas, penulis membatasi pada masalah-masalah berikut ini yaitu: Berdasarkan uraian di atas, penulis membatasi pada masalah-masalah berikut ini, yaitu
43. Metoda analisa data yang penulis gunakan yaitu metoda kwantitatif dan kwalitatif. Metode analisis data yang penulis gunakan, yaitu metode kuantitatif dan kualitatif.
44. BAB III. DESKRIPSI OBYEK PENELITIAN BAB III DESKRIPSI OBJEK PENELITIAN
45. Export non-migas Ekspor nonmigas
46. dalam bahasa Sunda, kata naon berarti apakah. Dalam bahasa Sunda, kata ‘naon’ berarti apakah.
47. Data produksi sampah Provinsi DKI Jakarta sebesar 2.67 liter per kapita perhari. Data produksi sampah Provinsi DKI Jakarta sebesar 2,67 liter per kapita per hari.
48. Makalah ini di ajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia dikampus emas. Makalah ini di ajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia di Kampus Emas.
49. Salah satu suku terasing di Kalimantan Tengah adalah Suku Dayak. Saah satu suku terasing di Kalimantan Tengah adalah suku Dayak.
50. Dosen pembimbing skripsi itu bernama Prof. DR. Suminto. A. Sayuti. Dosen pembimbing skripsi itu bernama Prof. Dr. Suminto A. Sayuti.

Sumber: Kuntarto, Niknik M. 2011. Cermat dalam Berbahasa, Teliti dalam Berpikir.
Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar